Crop dengan Snipping Tool

Halo ,.. kali ini bahas yang sederhana – sederhana aja ya. Snipping Tool?, apa ya itu 🙂 … ya tool ini semacam capture screen tapi lebih spesifik lagi. Sebenarnya fitur capture screen di windows sudah tersedia dengan mudah.

Printscreen

Iya biasanya langkah paling sederhana yaitu menggunakan printscreen. Langkahnya tekan tombol Ctrl+printscreen secara bersamaan. setelah itu otomatis layar akan tercopy trus kita bisa paste di berbagai aplikasi yang kita inginkan misalnya di word atau di paint. Namun kendalanya kadang yang dibutuhkan tidak seluruh layar akan dicapture. Sehingga masih dibutuhkan lagi langkah berikutnya misalnya dengan crop atau resize. Nah sehingga jadi dua kali kerja kan?, padahal windows sudah nyediain tool bawaan sederhana yaitu snipping tool untuk menyingkat langkah tersebut.

Snipping Tool

 

ya .. program snipping tool ini sudah bawaan dari windows. Sepengetahuan saya di semua versi windows nyediainnya. langkah pertama tentunya buka dulu program snipping tool. Jika susah menemukannya klik aja pencarian program di search windows nanti akan muncul programnya trus buka. Selanjutnya dari tampilan snipping tool klik bagian new. Selanjutnya layar akan tampak agak redup. nah selanjutnya kita crop bagian layar yang akan di capture sesuai kebutuhan dengan cara klik n drag. setelah klik n drag dilepas otomatis crop layar yang kita butuhkan sudah tercopy otomatis dan ditampilkan di programnya. selanjutnya bisa diedit sesuai kebutuhan atau dilanjutkan untuk keperluan lainnya.

 

ohya untuk lebih jelas tentang langkah menggunakan tool ini sudah saya buat videonya, silahkan cek ke channel saya .


Silahkan ditunggu komentar di kolom bawah ini, insyaallah jika saya bisa menjawab segera akan saya buatkan tulisannya 🙂 atau silahkan dapat lihat di channel saya .

Be the first to comment

Silahkan beri komentar dibawah ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.