NEW

3 plugins wordpress wajib punya

Mencari plugin WordPress terbaik untuk membawa website Anda ke level berikutnya di 2019?, Ada lebih dari 54.226 plugin WordPress yang dapat Anda pilih. Ini membingungkan bagi pengguna baru untuk menemukan plugin yang tepat untuk situs web mereka. Berikut saya rekomendasikan 5 plugins wordpress yang wajib Anda punya.

1.Yoast SEO

SEO membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung dari mesin pencari ke situs web Anda. Meskipun WordPress ramah terhadap SEO, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda menggunakan praktik terbaik SEO.

Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress paling populer sepanjang masa. Dari semua plugin WordPress SEO, Yoast menawarkan solusi paling komprehensif dengan semua fitur dan alat yang Anda butuhkan untuk meningkatkan SEO on-page Anda.

Ini membantu Anda menambahkan meta tag, menghasilkan peta situs, menghubungkan situs Anda ke Google Search Console , mengoptimalkannya untuk media sosial, dan banyak lagi.

Yoast hadir dengan fitur Pengalihan yang kuat yang memungkinkan Anda dengan mudah membuat pengalihan 301 yang sangat membantu. Ini juga mendeteksi perubahan URL dan membuat pengalihan otomatis, sehingga Anda tidak memiliki tautan yang rusak di situs web Anda.

2.UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin cadangan WordPress paling populer di pasar. Ini memungkinkan Anda mengatur cadangan otomatis dan menyimpannya dengan aman di lokasi terpencil seperti Google Drive, Dropbox, S3, Rackspace, FTP, email, dan lainnya.

Ini juga membuatnya sangat mudah untuk mengembalikan situs web Anda dari cadangan. Plugin basis mereka gratis, tetapi mereka juga memiliki paket berbayar dengan fitur tambahan dan dukungan prioritas

3.WP Rocket

WP Rocket adalah plugin caching WordPress terbaik di pasaran. Ini memungkinkan Anda untuk secara instan meningkatkan kecepatan dan kinerja situs web WordPress Anda tanpa memerlukan keterampilan teknis.

Secara otomatis mengaktifkan pengaturan caching WordPress yang direkomendasikan seperti kompresi gzip, cache halaman, dan cache pre-loading. Anda juga dapat mengaktifkan fitur opsional seperti pemuatan gambar yang malas, dukungan CDN, pengambilan awal DNS, minifikasi, dan lainnya untuk lebih meningkatkan waktu pemuatan halaman.

WP-Rocket juga menawarkan Imagify yang merupakan layanan optimisasi gambar gratis untuk membantu Anda mempercepat situs web Anda lebih jauh.

itulah 3 plugins yang wajib punya yang direkomendasikan. Ada banyak alternatif pilihan yang lainnya, namun saran saya jangan terlalu banyak berfikir untuk memilih plugins yang tepat. langsung install satu saja, jika nantinya kurang memuaskan bisa diganti alternatif sesuai kebutuhan

tulisan ini saya sarikan dari sumber:

https://www.wpbeginner.com/showcase/24-must-have-wordpress-plugins-for-business-websites/

 

Testimoni Pengguna Kelas Maya

Tidak bisa dipungkiri memang LMS Kelas Maya yang dibuat sudah cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Namun dalam praktek penggunaannya masih ditemukan beberapa kendala untuk memanfaatkannya. Kami sendiri dalam memanfaatkan sempat terpaksa harus menyediakan waktu ekstra karena beberapa fitur yang tidak dapat maksimal berfungsi. Berikut ini beberapa testimoni pengguna kelas maya yang kami pilih dari guru maupun siswa di SMA Negeri 1 Seyegan:

Testimoni Guru

untuk penggunaan kelas maya yang sudah pernah saya terapkan di kelas sangat membantu dalam proses pembelajaran. mudah diterapkan, hanya ada beberapa yang menurut saya kurang.
(1) untuk modul format video harus link ke youtube.
(2) untuk penilaian tidak dapat melakukan analisis per-soal.
(3) kendala saat siswa mengambil ujian terkadang kesulitan. untuk keseluruhan sangat baik dan sangat membantu dalam pelaksanaan proses belajar mengajar online sehingga waktu lebih efisien. Dan siswa tidak bosan hanya dengan pembelajaran di kelas tanpa media yang mendukung. terimakasih
(Rezza Yudha, Guru Praktikan di SMAN 1 Seyegan, Mahasiswa Pendidikan Matematika UMBY)

Testimoni Siswa

  1. Ratna Widyawati:
berikut pendapat saya
(1) memudahkan dalam mengaksesmateri
(2) susah login
(3) lebih ditingkatkan lagi sistemnya 🙂 supaya gampang login
(4) praktis hemat cakupannya luas, mempermudah diskusi jarak jauh
(5) loginnya susah, kadang ga bisa diakses dengan data internet bisanya pake wifi, rumit cari kelas ga nemu nemu 🙂
(Ratna Widyawati, siswa kelas 12 MIPA 4, SMA Negeri 1 Seyegan)
2. Yumanita Nirmasari:
berikut uneg-uneg saya pak:
(1) pendapat: menurut pendapat saya, aplikasi ini patut mendapat apresiasi dikarenakan dengan adanya aplikasi kelas maya dapay membuat pelajar di zaman modern ini merasa lebih senang, tidak mudah bosan, dan tercipta suasana kondusif untuk belajar sehingga membantu nilai akademis dapat lebih baik
(2) kritik: alangkah lebih baik aplikasi kelas maya ini disosialisasikan terlebih dahulu
(3) saran: aplikasi kelas maya yang diberikan sangat menarik semoga mapel yang lain juga dapat menggunakan kelas maya
(4) kelebihan: aplikasi kelas maya ini bisa membuat pemakai merasa lebih asyik dalam belajar karena dapat menggunakan smartphone yang mana di zaman modern ini hampir semua aktivitas sudah biasa dengan smartphone. apalagi pembelajaran cukup jelas dan mudah dipahami sehingga bisa membuat bahan pelajaran lebih praktis dan mudah diterima pemakai serta menghilangkan beberapa pemikiran bahwa membaca buku yang terkesan tebal dan terlalu banyak materi adalah hal yang dapat membosankan
(5) kelemahan : dalam aplikasi kelas maya sangat terpengaruh dengan sinyal yang sering mempersulit untuk melakukan login sehingga membuat pemakai merasa malas dan ribet untuk menggunakan aplikasi ini. selain itu , karena aplikasi ini online  menyebabkan banyak pemakai khususnya pelajar keberatan karena merasa boros untuk penggunaan kuota internetnya 🙂
(Yumanita Nirmasari, siswa kelas 12 MIPA 4 , SMAN 1 Seyegan)

Itulah beberapa testimoni baik dari pihak guru maupun siswa. Meski banyak keluhan ataupun kekurangan yang ada tentang kendala teknis di kelas maya namun tidak menyurutkan semangat siswa maupun guru untuk menggunakannya. Semoga dimasa yang akan datang perbaikan demi perbaikan akan terus dilakukan supaya LMS ini dapat digunakan dengan lebih baik lagi.

@totoktriyadi

Hapus Tema WP

wkwk … yup susahnya cari tool hapus tema wp. 😀 . Hehe kejadian ini mesti biasanya ditemui ketika awal – awal “rajin” gonta ganti tema wp untuk website. klo udah utak – utik satu tema -> bosen -> install tema baru -> ganti lagi -> bosen lagi -> ganti lagi :0 🙂 😀 … wes ngaku pengalaman pribadi :). Nah jadilah tema menumpuk yang ga kepakai, meski kadang blom mau move on pengin balik ke tema semula hehe. Nah tapi jika mo hapus tema yang bener – bener mo dihapus bingung caranya. Karena bolak balik ga ketemu fitur hapus 🙂

Hapus Tema WP

nah sebenarnya bukan karena WP tidak menyediakan fitur hapus tema, kitanya saja yang ga bisa nemuinnya. mungkin ini juga disengaja oleh wp susahnya mencari fitur ini. Kali supaya ga mudah untuk gonta – ganti tema. jadi mudah untuk memikirkan balik ke tema semula. Hehe … tapi mudah koq untuk hapusnya gini caranya.

Pastikan Tema sedang tidak digunakan

Ya memang klo mo hapus jangan sampai hapus tema wp yang sedang digunakan. Jadi sebelum menghapus pastikan tema yang akan kita hapus sedang tidak aktif atau sedang digunakan. Tapi misalnya tema yang sedang digunakan akan dihapus maka ganti dulu sementara dengan tema yang lain, gini caranya: dari dashboard wp klik menu Tampilan -> tema.

hapus tema wp
hapus tema wp totoktriyadi.com

nah dari misal tema “totok” sedang aktif akan kita hapus maka aktifkan tema lain dahulu misal tema “triyadi”. jadilah tema yang sedang kita gunakan tidak aktif dan siap untuk dihapus.

Hapus Tema WP

arahkan kursor di tema yang akan dihapus, kemudian klik “detail tema” yang tulisannya persis di tengah gambar tema. kemudian tampilan “preview” akan muncul. seperti berikut

hapus tema wp totoktriyadi.com
hapus tema wp totoktriyadi.com

dari tampilan preview tersebut akan terlihat box tulisan hapus di pojok kanan bawah. Nah silahkan klik untuk menghapus tema tersebut. selanjutnya muncul box konfirmasi sbb:

hapus tema wp totoktriyadi.com
hapus tema wp totoktriyadi.com

klik “Ok” untuk memastikan tindakan penghapusan tema. ohya jangan khawatir misalnya suatu saat akan diinstall lagi tema tersebut masih bisa, sehingga aman” saja tema wp untuk dihapus 🙂

semoga bermanfaat 🙂

UNBK diulang khusus mapel Matematika?

Sesaat setelah pelaksanaan unbk hari kedua santer terdengar isu unbk diulang khususnya mapel matematika akan diulang. Isu ini sempat dipercayai karena memang pelaksanaan pada hari kedua ini diluar kebiasaan pelaksanaan unbk. Dimulai dari kejadian tidak munculnya soal di layar komputer. Hal itu tetap terjadi meskipun beberapa dapat muncul setelah di scrollup/down sesuai saran dari helpdesk. Tetapi dari berita yang beredar beberapa sekolah memang terjadi tidak muncul soal di layar komputer peserta.

Pengumuman Kemdikbud UNBK diulang

Isu UNBK matematika akan diulang ini pun juga didapat dari beredarnya foto website kemendikbud yang beredar di medsos ttg pengumuman bahwa ada pengumuman unbk untuk mapel matematika sma akan diulang , berikut foto yang sempat beredar

unbk diulang
unbk diulang

namun setelah kami crosscek langsung dari website kemdikbud ternyata pengumuman unbk akan diulang itu tidak ada, entah foto tersebut asli atau tidak kami juga belum tahu. berikut foto screenshoot nya

unbk diulang
unbk diulang

 

Tidak keberatan UNBK diulang

meski masih sekedar isu , ada beberapa siswa yang menyampaikan tidak keberatan jikan unbk akan diulang. Alasannya merasa diuntungkan karena masih ingat beberapa soal yang keluar sehingga bisa belajar lagi. Masih ingat materi yang keluar. Namun ruginya, harus mengerjakan dan mikir dua kali.

Ini sekedar informasi, kamipun juga belum mengetahui apakah unbk akan diulang atau tidak. harapannya jika-pun UNBK akan diulang maka semoga terbaik untuk semua dan tidak merugikan siswa peserta UNBK 2018.

[ptt/o]

 

Curhat Peserta UNBK Matematika

Curhat Peserta UNBK ini banyak beredar di medsos pada pelaksanaan unbk di hari ke dua mapel matematika. Di medsos banyak dijumpai  banyak peserta yang mengeluh kesulitan dalam mengerjakan soal”nya. Hampir semua siswa merasakan soal matematika yang dikerjakan barusan lain dari biasanya. Soal tahun ini dirasa jauh berbeda dengan soal” UN tahun sebelumnya bahkan ada yang mengatakan apa yang dipelajari sampai detik – detik terakhir sebelum pelaksanaan ujian tidak ada yang keluar. Berikut curhatan beberapa siswa peserta unbk mapel matematika:

Curhat Peserta ke Pak Presiden & Pak Menteri 🙂

sambil mention Pak Jokowi & pak Muhajir, peserta unbk ini menyampaikan begitu sulitnya soal matematika sampai” membandingkan soal tersebut dengan soal olimpiade matematika

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

Soal “Terlalu Gampang”

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

Hahaha… ini mah ga tahu dikerjakan bener atau njawabnya ngasal , masak 5 menit terakhir bisa mengerjakan 30 soal :p

Bakterinya sudah mati 😀

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

siswa ini kesal lantaran di  salah satu soal deret matematika yang bahas tentang bakteri susah dikerjakan …

Dibela – belain begadang

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

kesal karena dibela – belain begadang untuk belajar matematika tp ternyata yang dipelajari ga ada yang keluar :v

Curhat Peserta UNBK yang Gak sesuai harapan

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

senada dengan siswa td, siswa berikut sampai tidak belajar mapel hari pertama (bhs Indonesia) demi belajar matematika yang akan diujikan di hari ke dua, nyatanya soal malah ga sesuai harapan … , ada siswa lain sebenarnya bukan takut dapat nilai jelek tapi takut kalo dimarahin orang tua yg bisa jadi ngenganggap ga belajar

Soal “turun” dari langit

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

nah lho … soal koq tiba” beda dari yg dipelajari paling cuman 5% yang keluar

Apa ini yang dinamakan Cinta … cie cie cieeee…

Curhat Peserta UNBK
Curhat Peserta UNBK

Alhasil saking sebegitu susahnya ampe keluar air mata… trus apa bukan cinta namanya … wkwkwkwk…

Pelaksanaan UNBK di lapangan

sementara itu di lapangan juga ditemukan peserta unbk sempat panik saat mengerjakan soal matematika. Sebab pada UNBK hari kedua ini banyak soal UNBK matematika yang tidak keluar.

Jumlah soal yang hilang pun beragam. Dari total 40 soal, soal yang hilang ada yang 23 nomor, 17 nomor, 20 nomor bahkan ada yang hilang sampai 34 nomor.

apapun komentarnya semoga nilainya bagus” ya adik” semua 🙂

Membuat Aplikasi Moodle Windows

Ya .. kali ini saya mau bahas bagaimana caranya merubah web moodle menjadi aplikasi moodle windows. jangan khawatir ini nggak perlu belajar coding pemrograman untuk membuatnya, jadi kita tinggal pakai saja. Nah tapi sebelumnya ada baiknya Anda untuk baca terlebih dahulu tulisan saya sebelumnya yang berjudul Moodle Web Via Apk Moodle Android. Di tulisan tersebut kita dapat mengakses moodle web kita dengan menggunakan aplikasi di Android besutan google. Aplikasi di android itu bisa mengakses moodle tanpa menggunakan browser internet. Tapi tentunya tetap harus online supaya tetap tertaut dengan moodle web.

Aplikasi Moodle Windows

Untuk menampilkan moodle menjadi aplikasi desktop di windows cukup sederhana dan mirip langkah – langkah di tulisan saya sebelumnya untuk menampilkan moodle di android. Nah tentunya hal sangat berbeda jika kita akan menampilkannya di windows karena android dan windows beda perusahaan hehe 😀 . Aplikasi moodle  ini bisa kita download via microsoft store klik aja nanti akan muncul program – program yang akan kita unduh layaknya di playstore android. berikut tampilannya.

 

Aplikasi moodle windows

nah setelah terbuka microsoft (windows) store silahkan dipilih moodle desktop. Dapat menggunakan pencarian di sudut kanan atas store. nah setelah ketemu programnya silahlkan pilih install seperti tampilan di bawah ini:

Aplikasi moodle windows

Aplikasi moodle windows

Aplikasi moodle windows – proses instalasi

Aplikasi moodle windows

Aplikasi moodle windows

Nah setelah selesai proses instalasi moodle desktop langkah berikutnya adalah penyiapan supaya aplikasi dapat mengakses website moodle kita.

Luncurkan Aplikasi Moodle Windows

setelah selesai instalasi maka aplikasi ini sudah siap untuk digunakan. Untuk meluncurkan aplikasi dapat mencarinya di program windows. Atau untuk mempersingkatnya dapat kita buatkan link aplikasi di taskbar. nah setelah tampilan moodle setelah diluncurkan  seperti dibawah ini

Aplikasi moodle windows
Aplikasi moodle windows

 

Aplikasi moodle windows
Aplikasi moodle windows

berikutnya adalah penyiapan moodle untuk dapat digunakan. silahkan isikan url moodle yang akan kita akses menggunakan aplikasi ini. sebagai contoh isikan moodle saya: www.totoktriyadi.com/moodle kemudian klik connect. tampilan berikutnya adalah standar untuk memasukkan usernam & password untuk login ke moodle tersebut. Artinya aplikasi sudah siap untuk digunakan. Ohya pengisian url website moodle ini cuman sekali di awal saj, jadi untuk berikutnya ketika meluncurkan aplikasi maka tampilannya langsung siap untuk login ke moodle nya.

Terimakasih kunjungannya itulah sedikit sharing dari kami semoga bermanfaat. jika bermanfaat silahkan dishare atau silahkan komen di bawah postingan ini.

Moodle Web Via Apk Moodle Android

Apk Moodle
Apk Moodle

Apk Moodle?

Hai apa kabar?. … kali ini saya mau membahas tentang moodle nih. lebih khusus lagi apk moodle di android , sekali – kali bahas tentang pembelajaran ya 🙂 kali ini mo bahas tentang moodle … whats? .. iya moodle … 😛

Sebelum lanjut membaca silahkan lihat – lihat dulu moodle yang saya buat klik disini  (maaf jika masih sederhana saya bukan expert, hanya ingin berbagi aja apa yang sudah saya praktekan dapat dipakai oleh orang lain juga) …

 

 

Moodle adalah LMS full fitur

Learning Management System (LMS) Moodle memang cukup populer digunakan di Indonesia untuk pembelajaran. Sistem pembelajaran ini cukup powerfull. Banyak fitur yang ditawarkannya dan saya sudah membuktikannya sendiri. Penyertaan plugin – plugin tambahan yang bisa dikustomisasikan untuk menunjang selera ataupun fungsionalitasnya. Hal itu sangat membantu creator pembelajaran menyesuaikan desain pembelajaran yang diinginkan. Ditambah banyaknya support dari rekan – rekan di forum moodle juga sangat membantu. Namun memang diakui pula umumnya jika pertama menggunakan moodle untuk pembelajaran maka banyak yang merasa kesulitan untuk menggunakannya.

Dari tampilannya moodle juga kurang memuaskan jika dibanding dengan LMS yang lain. Meski di Moodle juga ada plugin untuk tema seperti halnya kalau membuat tampilan website. Namun sayangnya masih sedikit yang membuat tema tampilan untuk moodle. Hal tersebut juga pernah saya coba praktekan untuk moodle punya saya. Setelah beberapa kali browsing akhirnya saya temukan hal yang unik yang dapat membantu tampilan moodle di android

Apk Moodle di Playstore

Ya … semua orang memang sekarang sedang berburu untuk dapat membuat apk moodle di android. Kebayang kan selain praktis, dengan android semua orang dapat dengan mudah mengaksesnya dari gadget hp android. Termasuk pula siswa – siswa sudah sangat familiar penggunaan HP android. Semua moodle yang berbasis online dapat diakses menggunakan apk moodle di android (saya belum mencoba semua tp kyke bisa semua 🙂 …). Jangan khawatir saya tidak akan mengajarkan bagaimana membuat aplikasi androidnya, praktis saja sudah disediakan jadi tinggal pakai 😀 … gini caranya syaratnya Anda sudah punya alamat url website moodle yang berbasis online dulu, jangan khawatir kalau belum punya nanti praktek dengan alamat moodle saya juga boleh…  hehehe … :p  .. ikuti langkah berikut

buka playstore di hp android,

kemudian di menu pencarian ketikkan moodle mobile, trus klik untuk install apk moodle

apk moodle
apk moodle

Buka aplikasi apk moodle

setelah selesai install silahkan buka aplikasinya maka akan muncul tampilan diminta mengisi alamat alamat website moodle, silahkan untuk praktek dapat menggunakan moodle punya saya isikan: www.totoktriyadi.com/moodle … feel free untuk gunainnya  gpp untuk nyoba praktek, sudah saya ijinkan

 

Isikan username & password

setelah mengisi alamat url trus klik connect. nah aplikasi moodle sudah siap pakai untuk pembelajaran, dengan mengisi username dan password. (tampilan awal umumnya halaman login untuk masuk ke moodle)

apk moodle
apk moodle

catt. : langkah tersebut sudah saya buatkan video tutorialnya nya juga sekitar 22 detik supaya hemat kuota 🙂 silahkan dapat lihat di channel saya

nah itu sekilas jika kita akan mengakses moodle dengan aplikasi apk moodle dari playstore tanpa perlu membuat aplikasinya , karena sudah disediakan. Ohya untuk beberapa fitur mungkin belum tersedia jika menggunakan aplikasi, sehingga untuk creator pembelajaran dengan moodle saya sarankan untuk login di webnya saja, meski beberapa fitur sudah dapat diakses di aplikasi. selamat mencoba

Login dengan akun Google, FB, & Microsoft di Moodle

Ohya mungkin ada yang bertanya” ditampilan website untuk moodle saya sudah dapat login selain manual mendaftar dapat juga menggunakan akun google, facebook atau microsoft. Nah lain kali akan saya bahas bagaimana cara membuatnya. Mungkin ketika anda baca tulisan ini, sy sudah buat tutorialnya, jadi silahkan dicari – cari di website ini ya


Silahkan ditunggu komentar di kolom bawah ini, insyaallah jika saya bisa menjawab segera akan saya buatkan tulisannya 🙂 atau silahkan dapat lihat di channel saya .

Menambah Partisi Disk

Tambah Partisi Disk? ya kenapa tidak. banyak orang yang sewaktu beli laptop/pc minta ke penjualnya untuk sekalian diinstall jadi tinggal terima beres. Hanya saja setelah diterima kemungkinan beberapa hal ada yang tidak sesui dengan harapan. Misalnya beberapa partisi di hardisk masih terlalu besar yang sebenarnya bisa kita bagi lagi menjadi 2 partisi. Atau mungkin juga untuk keperluan manajemen file kita memerlukan partisi baru. Atau kegunaan yang lainnya juga. Nah berikut ini kami tampilkan langkah per – langkah bagaimana untuk menambah partisi baru ke hardisk yang sudah tersintall. ohya jangan khawatir langkah berikut tidak memerlukan program tambahan, karena os windows sudah menyediakannya untuk keperluan partisi harddisk. bahkan juga tidak perlu waktu yang lama. di video tutorial yang saya buat mungkin tidak sampai 5 menit. silahkan lihat di channel saya . berikut langkah – langkah menambah partisi hardis

Buka Program Create and Format Hard disk partitions

buka program tersebut dari tombol start windows. atau jika tidak ingin ribet mencarinya cukup ketikkan programnya di search windows. seperti tampilan berikut:

partisi disk
partisi disk

Tampilan program partisi disk

nah setelah di klik program akan tampak partisi – partisi hardisk yang ada di laptop/pc kita. kemudian langkah berikutnya adalah menentukan bagian partisi mana yang akan kita pecah lagi untuk menambah partisi baru. Disini sebagai contoh disk D: yang akan di bagi lagi menjadi partisi baru. ohya jangan memilih disk yang digunakan untuk install os windows (biasanya di C:)

partisi disk
partisi disk

Shrink Volume

nah setelah menentukan disk mana yang akan kita pecah lagi selanjutnya letakkan kursor pada disk tersebut. selanjutnya klik kanan akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah/klik shrink volume untuk membuat partisi baru.

partisi disk
partisi disk

Isi sesuai kebutuhan

setelah klik shrink volume akan ditampilkan berapa besar volume partisi baru yang akan kita buat (tentunya jangan melebihi besaran volume di disk tersebut)

partisi disk
partisi disk

Box peringatan

seperti umumnya setelah mengisi beberapa hal yang diperlukan kemudian klik next seterusnya. Langkah terakhir tinggal setelah mengisi beberapa hal yang diminta kemudian klik Yes konfirmasi untuk menambah partisi disk

partisi disk
partisi disk

New simple volume

langkah berikutnya adalah memberi nama di partisi di harddisk yang baru secara default akan diisi dengan huruf kelanjutan dari huruf disk terakhir.

partisi disk
partisi disk

 

nah selesai, semoga bermanfaat. mungkin tampilan gambar sedikit berbeda dengan tampilan di pc/laptop yang lain. selamat mencoba


Saya tunggu komentar di kolom bawah ini, atau silahkan lihat tutorialnya di channel saya .

Crop dengan Snipping Tool

Halo ,.. kali ini bahas yang sederhana – sederhana aja ya. Snipping Tool?, apa ya itu 🙂 … ya tool ini semacam capture screen tapi lebih spesifik lagi. Sebenarnya fitur capture screen di windows sudah tersedia dengan mudah.

Printscreen

Iya biasanya langkah paling sederhana yaitu menggunakan printscreen. Langkahnya tekan tombol Ctrl+printscreen secara bersamaan. setelah itu otomatis layar akan tercopy trus kita bisa paste di berbagai aplikasi yang kita inginkan misalnya di word atau di paint. Namun kendalanya kadang yang dibutuhkan tidak seluruh layar akan dicapture. Sehingga masih dibutuhkan lagi langkah berikutnya misalnya dengan crop atau resize. Nah sehingga jadi dua kali kerja kan?, padahal windows sudah nyediain tool bawaan sederhana yaitu snipping tool untuk menyingkat langkah tersebut.

Snipping Tool

 

ya .. program snipping tool ini sudah bawaan dari windows. Sepengetahuan saya di semua versi windows nyediainnya. langkah pertama tentunya buka dulu program snipping tool. Jika susah menemukannya klik aja pencarian program di search windows nanti akan muncul programnya trus buka. Selanjutnya dari tampilan snipping tool klik bagian new. Selanjutnya layar akan tampak agak redup. nah selanjutnya kita crop bagian layar yang akan di capture sesuai kebutuhan dengan cara klik n drag. setelah klik n drag dilepas otomatis crop layar yang kita butuhkan sudah tercopy otomatis dan ditampilkan di programnya. selanjutnya bisa diedit sesuai kebutuhan atau dilanjutkan untuk keperluan lainnya.

 

ohya untuk lebih jelas tentang langkah menggunakan tool ini sudah saya buat videonya, silahkan cek ke channel saya .


Silahkan ditunggu komentar di kolom bawah ini, insyaallah jika saya bisa menjawab segera akan saya buatkan tulisannya 🙂 atau silahkan dapat lihat di channel saya .

Menampilkan ekstensi file

Masih yang sederhana, kali ini akan bahas bagaimana untuk menampilkan ekstensi file. Halah kan sepele & gampang to? 🙂 . Jika sudah bisa ya sudah gak usah lanjut baca 🙂 . Kenapa bahas yang ginian ya soalnya ini pengalaman pribadi pas lagi santai” eee tiba” ada yang nyodorin laptop nanya – nanya ini file apa to kok ga bisa dibuka. ternyata setelah diselidiki ekstensi filenya berubah. Yo wis sekalian buatin langkah – langkahnya aja 😀 . Langsung aja ya gini caranya, eh sebentar langkah – langkah ini sudah dibuatin videonya juga. jadi klo blom jelas bisa lihat di channel saya (catt. ini tampilan dengan os windows 10)

Gunakan File Eksplorer

Sebenarnya ada banyak cara, ini salah satunya yaitu menggunakan file eksplorer. Untuk menampilkan ekstensi file langkah pertama dari dekstop atau dari tombol start buka file eksplorer seperti biasa. Trus perhatikan pada tab diatas, klik pada bagian view. Nah pada tab ini akan muncul bagian ini ada kotak centangnya. Ada 3 kotak centang: item check boxes, file name extention, dan hidden items. Nah pilihlah/centang yang kotak file name extention. selesai 😀 . Dah cukup nanti di layar file eksplorer otomatis semua file akan ditampilkan beserta estensinya.


Silahkan ditunggu komentar di kolom bawah ini, insyaallah jika saya bisa menjawab segera akan saya buatkan tulisannya 🙂 atau silahkan dapat lihat di channel saya .