Apa itu Soal PISA?

PISA – Programme for International Student Assesment

PISA adalah soal-soal yang dikeluarkan oleh lembaga Programme for International Student Assesment (PISA) untuk studi program penilaian siswa tingkat international. Diselenggarakan organisasi Organisation for Economic Co-operation and Developmen (OECD) yang bertujuan untuk ekonomi & pembangunan

Apa itu PISA?

Diselenggarakan oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pengembangan (OECD). PISA menguji keterampilan dan pengetahuan siswa berusia 15 tahun dalam membaca, matematika, dan sains. Hasil tambahan pada literasi keuangan, organisasi sekolah dan kompetensi global.

Apa yang dinilai PISA dan mengapa?

PISA berfokus pada penilaian kinerja siswa dalam membaca, matematika dan sains karena mereka merupakan fondasi bagi pendidikan siswa yang berkelanjutan. PISA juga mengumpulkan informasi berharga tentang sikap dan motivasi siswa. Secara formal menilai keterampilan seperti pemecahan masalah kolaboratif dan kompetensi global. Ini juga menyelidiki peluang untuk menilai keterampilan penting lainnya yang terkait, misalnya, dengan pemikiran kreatif.

PISA mengacu pada konten yang dapat ditemukan dalam kurikulum di seluruh dunia. Melihat kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan. Dan untuk menganalisis, bernalar, dan berkomunikasi secara efektif ketika mereka memeriksa, menafsirkan, dan memecahkan masalah. PISA tidak meresepkan atau mempromosikan satu kurikulum pun juga tidak dibatasi oleh kebutuhan untuk menemukan penyebut yang sama. Pada tahun 2018 tujuan PISA adalah untuk menilai pengetahuan dan keterampilan membaca yang oleh para ahli di negara yang berpartisipasi. Fokus yang paling penting untuk partisipasi penuh siswa dalam masyarakat berbasis pengetahuan yang semakin bergantung pada teknologi digital.

Apa saja fitur utama dari PISA?

Isi: Survei PISA berfokus pada membaca, dengan matematika, sains, dan kompetensi global sebagai area penilaian minor. PISA juga mencakup penilaian literasi keuangan kaum muda, yang merupakan pilihan untuk negara dan ekonomi.

Siswa: Sekitar 600.000 siswa menyelesaikan penilaian pada tahun , mewakili sekitar 32 juta anak berusia 15 tahun di sekolah-sekolah dari 79 negara dan ekonomi yang berpartisipasi.

TES

Tes: Tes berbasis komputer digunakan di sebagian besar negara, dengan penilaian berlangsung total dua jam. Dalam membaca, pendekatan adaptif multi-tahap diterapkan dalam tes berbasis komputer di mana siswa diberi blok item tes berdasarkan kinerja mereka dalam blok sebelumnya. Siswa juga menjawab kuesioner latar belakang, yang membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk diselesaikan. Item tes adalah campuran dari pertanyaan pilihan ganda dan pertanyaan yang mengharuskan siswa untuk membangun tanggapan mereka sendiri. Item-item tersebut disusun dalam kelompok-kelompok berdasarkan pada bagian teks yang menggambarkan situasi kehidupan nyata. Lebih dari 15 jam item tes untuk membaca, matematika, sains dan kompetensi global tercakup, dengan siswa yang berbeda mengambil kombinasi item tes yang berbeda.

KUISIONER

Kuisioner: Kuisioner mencari informasi tentang siswa itu sendiri, sikap, watak dan kepercayaan mereka, rumah mereka, dan pengalaman sekolah dan pembelajaran mereka. Kepala sekolah menyelesaikan kuesioner yang mencakup manajemen dan organisasi sekolah, dan lingkungan belajar. Beberapa negara / ekonomi juga membagikan kuesioner tambahan untuk memperoleh lebih banyak informasi. Ini termasuk: di 19 negara / ekonomi, kuesioner untuk guru yang bertanya tentang diri mereka sendiri dan praktik mengajar mereka.

Di 17 negara, kuesioner untuk orang tua yang meminta mereka untuk memberikan informasi tentang persepsi dan keterlibatan mereka di sekolah dan pembelajaran anak mereka. Negara juga dapat memilih untuk mendistribusikan tiga kuesioner pilihan lain untuk siswa: 52 negara / ekonomi membagikan kuesioner tentang keakraban siswa dengan komputer; 32 negara / ekonomi membagikan kuesioner tentang harapan siswa untuk pendidikan lebih lanjut; dan 9 negara / ekonomi membagikan kuesioner, yang dikembangkan untuk PISA 2018, tentang kesejahteraan siswa.

please leave a comment